3 Cara Tampil Lebih Percaya Diri Agar Sukses Menaklukkan Wawancara Kerja

Pendek kata apapun yang berkaitan dengan lembaga atau perusahaan tersebut, Anda cari informasinya. Mengapa harus mencari info sebanyak mungkin hal yang terkait perusahaan atau lembaga tempat melayangkan lamaran kerja ? Sebab saat wawancara, hal yang terkait perusahaan atau lembaga hampir pasti akan ditanyakan oleh pihak HRD. Kalau Anda saat wawancara ditanya misalnya, apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini ?

Namun, bukan berarti kamu bisa meminta gaji yang tidak masuk akal karena kemampuanmu tersebut. Daripada meminta sesuatu yang berlebihan, akan lebih baik jika kamu menunjukkan kemampuan terbaikmu di perusahaan tersebut. Dengan demikian, kenaikan gaji dan berbagai fasilitas akan menghampirimu tanpa kamu memintanya. Employer juga melihat apakah kamu memancarkan energi positif maupun seberapa ingin dan keras kamu melakukan tugas yang diberikan. Untuk itu pada saat interview kerja, employer akan melihat seberapa aktif dan nyaman kamu untuk diajak bekerja.

Kamu bisa melakukan interview on-line di kamar, ruang kerja, ruang khusus, atau mengunjungi coffee shop yang tidak terlalu ramai. Meski dilakukan secara digital, bukan berarti kamu bisa menyepelekan proses seleksi interview on-line. Pasalnya, banyak aspek lain yang dinilai oleh perekrut saat melakukan interview online. Untuk mengecek performa webcam dan microphone, Anda dapat melakukan video name dulu bersama teman sebelum memulai wawancara online sambil mencobanya.

Cari juga informasi tentang orang-orang yang memiliki posisi sama dengan yang kamu apply. Biasanya, di LinkedIn juga kamu bisa mendapatkan informasi tentang event-event yang sedang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Banyak yang lantas langsung hilang kepercayaan diri hanya karena tidak berhasil menaklukkan sesi terakhir ini. Jika Anda pernah mengalaminya dan ingin bisa sukses di interview selanjutnya, berbagai ideas di bawah ini akan sangaat cocok untuk Anda. Kamu juga wajib, nih, mencari tempat wawancara yang memiliki pencahayaan yang baik.

Jadi, jangan sampai jawaban yang kamu berikan terkesan basa-basi. Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui seberapa besar komitmenmu. Oleh karena itu, pastikan jawaban yang diberikan sudah cukup sesuai.

Tips supaya sukses dalam interview

Karena itu selain berpakaian rapi, tidak seronok, mencolok atau banyak pernik, tunjukkan bahasa tubuh yang baik. Jangan pernah melipat tangan di dada pada saat wawancara, karena memberi kesan bahwa anda seorang yang kaku dan defensif. Idealnya, tangan dibiarkan bebas untuk mengekspresikan kata-kata anda, tentu saja dengan tidak berlebihan.

Cobalah untuk berkata jujur terhadap sesuatu yang akan Anda katakan. Kebanyakan orang saat interview menemukan dirinya dalam keadaan panik. Siapa yang mengira bahwa lulusan S1 Farmasi juga dapat menjadi pengusaha sukses? Lulusan S1 Farmasi memiliki pengetahuan yang banyak mengena obat-obatan, mereka sangat berpotensi menjadi distributor besar obat-obatan, bahkan mendirikan produksi obat-obatan skala besar. Dengan pengetahuannya di dunia obat-obatan, pengusaha farmasi dapat menggapai sukses.

Mata yang bersinar dan sedikit lembap dipercaya menunjukkan keberuntungan besar, terlepas dari bentuk, ukuran, atau warnanya. Selanjutnya, mata juga harus cerah dengan sklera yang jelas dan idealnya ‘dibingkai’ oleh alis yang melengkung penuh dan rapi. Kondisi mata yang disebutkan di atas dipercaya menunjukkan kesehatan dan kemakmuran yang baik bagi seseorang.