Ptpn Perluas Usaha, Ekspor Belatung Ke Belanda

Sobat jangan pernah mencoba untuk pergi ke luar negeri dalam rangka mengikuti pameran perdagangan atau kegiatan promosi dagang sebelum mengetahui dengan pasti keinginan dan kebutuhan konsumen di sana. Apalagi produk yang dijual berupa sepatu, fashion, kerajinan tangan, tas, garmen, tekstil dan lain sebagainya yang mode dan pattern berlangsung sangat cepat. Siapkan diri dan juga produk Anda dengan baik, agar Anda bisa menembus pasar luar negeri dan mengatasi ketatnya persaingan bisnis untuk produk yang akan Anda pasarkan.

Pastikan Anda mempelajari dan menjalankan bisnis ini dengan langkah yang tepat, sehingga segala sesuatunya bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, bangun juga jaringan bisnis Anda dengan mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga-lemabga tersebut, di mana Anda bisa bertemu dan berinteraksi dengan pebisnis lainnya yang sama seperti Anda. Bawa produk terbaik Anda dan temukan peluang yang baik di pameran yang tepat. Tidak jarang, berbagai macam fasilitas pameran dagang luar negeri berupa sales space dan business matching disediakan untuk pengusaha tak terkecuali UMKM.

Di antaranya pembangunan fasilitas pelabuhan, peningkatan investasi di bidang perikanan, melaksanakan pengawasan sumber daya ikan dan kapal perikanan serta mendukung kebijakan PNBP pasca-produksi. Apalagi ikan bandeng dan jenis ikan demersal saat ini menjadi produk ekspor primadona dari SKPT Sebatik yang berbatasan langsung dengan Tawau, Malaysia. “Kami juga melakukan pelatihan, pendampingan, sertifikasi produk, dan kemudahan akses pembiayaan, akses pasar domestic dan intrnasional. Karena ekspor juga nanti akan banyak produk pangan, karena permintaan dunia mengarah ke sana,” pumgkasnya.

Selain itu, Fahmi juga mengatakan bahwa tidak sedikit diantara perusahaan forwarder yang juga menawarkan jasa undername. Biasanya, jasa undername atau pinjam “bendera usaha” ini digunakan oleh eksportir pemula yang belum memiliki legalitas perusahaan. Untuk menggunakan jasa forwarder, biaya yang dikeluarkan sekitar Rp6 juta, tetapi nilai tersebut bisa dimasukkan dalam biaya pengiriman yang ditanggung oleh pembeli. Saat ini, Fahmi sendiri telah mengekspor rata-rata sekitar empat container pinang per bulan ke sejumlah Negara seperti Thailand, Myanmar, Pakistan, Bangladesh, hingga Saudi Arabia.

Eksportir yang melanggar ketentuan dalam keputusan ini dapat dikenakan sanksi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk pengurusan perizinan dipercepat dari lima hari kerja menjadi tiga hari kerja saja. Usaha produk sambal terus berkembang, kini Dede Satoe telah memiliki 8 pekerja tetap dan 20 pekerja lepas yang merupakan warga sekitar.

Di facebook kita juga bisa bergabung dengan komunitas importir internasional juga, sehingga akan mempermudah masuk ke market mereka. Untuk mengatasinya UKM perlu mengakses permodalan dari lembaga pembiayaan, seperti financial institution. Contohnya, sebuah usaha kerajinan rumahan bisa fokus menggarap satu model atau jenis kerajinan tertentu dan cukup melayani permintaan konsumen tertentu untuk bisa mendapatkan keuntungan. Karena struktur organisasinya masih ramping, UKM bisa menyalurkan ide-ide secara kreatif dan inovatif dengan leluasa.

Usaha Ekspor

Karena usaha ekspor impor sangat menjanjikan dan belum diketahui orang banyak. Pelaku usaha diwajibkan untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai prosedur ekspor impor, termasuk mengenai peraturan yang selalu diperbaharui. Aturan yang wajib diperhatikan, terutama peraturan yang berhubungan dengan perdagangan internasional, kepabeanan, delivery maupun perbankan, yang semuanya ini saling berkaitan dan sering terjadi permasalahan dilapangan. Kurangnya pemahaman atau pengetahuan yang cukup mengenai prosedur ekspor impor bisa menghambat kegiatan ekspor impor Anda. Sebanyak 50 orang pelaku usaha perdagangan yang bergerak di bidang perdagangan internasional, ekspor-impor dengan berbagai komoditas atau produk sesuai usaha yg mereka geluti mengikuti kegiatan tersebut.

Karena jika tidak, ada sanksinya yang dapat mencabut izin usaha pelaku usaha. “Pelaku usaha juga belum memanfaatkan keberadaan lembaga pemerintah di dalam dan luar negeri untuk mempromosikan produk serta berkonsultasi terkait peluang pasar,” imbuhnya. Meskipun sudah banyak pelatihan diupayakan pemerintah untuk mendorong ekspor produk, Ari mengakui masih banyak kendala lain yang dihadapi para pelaku usaha. Berikut sekilas tentang prosedur dan mekanisme ekspor sebagaimana disampaikan oleh Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Kementerian Perdagangan Ari Satria. Ada empat langkah yang harus ditempuh pelaku usaha hingga produknya bisa diekspor, yakni persiapan administrasi, legalitas sebagai eksportir, persiapan produk ekspor, dan persiapan operasional.

Selain menjamin kualitas dan mutu, lanjut , produksi perikanan tangkap, perikanan budidaya, dan pengolahan hasil perikanan harus didorong untuk meningkatkan ekonomi masyarakat kita, khususnya dimasa pandemi ini. Sedangkan API/P hanya dapat mengimpor barang modal dan bahan baku/penolong untuk keperluan proses produksinya sendiri sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Secara umum persyaratan untuk ekspor harus memiliki surat izin atau disebut dokumen perusahan yang menyatakan legalitas perusahaan. Menurut Direktur Fasilitas Ekspor Impor Kementerian Perdagangan Nusa Eka, berdasarkan pencapaian Paket Kebijakan Ekonomi Tahap I, Kemendag telah merampungkan 25 peraturan yang memangkas 45 jenis perizinan. Persyaratan perizinan yang bersifat tumpang tindih dihapus sehingga mengurangi beban birokrasi yang harus dilalui pelaku usaha. Kemenkop UKM juga terus berupaya untuk mendorong ekspor produk UMKM dengan melakukan pendekatan yang terintegrasi agar UMKM dapat berdaya saing dan berkompetisi.